Apa Bedanya Sedih Biasa Dengan Depresi?

Written by Celia on March 23, 2021 in LIP 3 with no comments.

Pandangan bahwa laki-laki harus kuat, tahan banting, tidak boleh lemah, tidak boleh menangis, dan sebagainya, seringkali menyebabkan laki-laki lebih sulit untuk memperoleh bantuan atau takut untuk mencari bantuan . Hal ini menyebabkan laki-laki cenderung mencari cara yang lebih agresif untuk bunuh diri, terlebih jika di dalam masyarakat laki-laki memiliki lebih banyak akses ke benda atau tempat tertentu yang mematikan. Banyak dari mereka yang berbicara atau berusaha untuk mengakhiri hidup justru telah mengalami kecemasan, depresi, dan rasa putus asa yang berkepanjangan, dan merasa tidak memiliki solusi apa pun. Saat seseorang mengalami rasa sakit yang terlampau besar, ia akan kehilangan kemampuan untuk mengatur emosi negatif. Beredar informasi bahwasanya korban diduga nekat mengakhiri hidupnya diduga akibat patah hati dengan seseorang. Gejala depresi karena patah hati di atas bisa disalahartikan sebagai rasa sedih biasa karena nggak kunjung move on setelah patah hati.

Patahati menyebabkan bunuh diri

Pernahkah Kamu mendengar tentang seseorang yang sedang mengalami patah hati? Atau pernahkah Geng Sehat mengalami sakit hati akibat cinta tak terbalas atau karena pasangan telah memutuskan hubungan percintaan kalian? Mungkin Kamu berpikir, apakah patah hati itu benar-benar nyata atau tidak. Kondisi ini dipicu oleh situasi yang sangat menegangkan, salah satunyakematian seseorang yang Kamu cintai. Saat putus cinta, tubuh cenderung melepaskan hormon stres yang disebut dengan kortisol.

Remaja LGBTI sangat rentan mengalami depresi akibat maslaah penerimaan diri dan lingkungan. Sering sekali bias generasi juga membuat analisis terjadinya depresi pada remaja hari ini menjadi salah kaprah. Generasi Millenial X, Y, Z yang lekat dengan penggunaan aplikasi dan ponsel pintar mendapat streotip generasi yang lemah karena tidak mengalami masa-masa seperti perang dunia, perang dingin atau masa konflik. Tanpa memahami masalah private dan sosial remaja, orang luar khususnya orangtua sering kali menuduh ponsel pintar, gadget favorit remaja menjadi penyebab depresi dan gangguan sosial lainnya.

Jika ayah atau ibu menderita depresi atau saudara kandung memiliki riwayat depresi maka seseorang akan lebih rentan untuk menderita depresi. Beberapa variasi genetik juga menentukan apakah seseorang tersebut rentan atau tangguh. Kalo denger kata depresi, kita mungkin sering mengasosiasikannya dengan kesedihan. Jika kita gagal dalam percintaan, gagal dalam ujian, atau baru saja kehilangan anggota keluarga Tembak Ikan Terpercaya yang kita sayangi; tentu saja kita sedih. Penting untuk Moms menemani atau menjadi teman yang memberi penyemangat seseorang yang patah hati, supaya tidak terjadi hal-hal yang akan merugikan atau mencelakai orang yang patah hati. Apabila Anda mengalami pengalaman traumatik, Anda mungkin bergulat dengan perasaan-perasaan/kenangan-kenangan buruk atau rasa cemas terus-menerus yang tidak bisa Anda singkirkan.

Yakinkan mereka bahwa dengan menghubungi tenaga skilled merupakan salah satu Langkah terbaik untuk membantunya dan meyakinkan bahwa selalu ada harapan untuknya keluar dari kondisi tersebut. Jika mereka setuju untuk ke mencari bantuan ke tenaga professional, selanjutnya kamu tetap perlu temani treatmen yang sedang berlangsung agar mereka menyadari bahwa memang masih ada orang yang peduli dengannya. Sementara itu, kesedihan membantu orang untuk mengetahui apa sebenarnya arti dari perpisahan. Emosi ini juga membantu orang yang patah hati menemukan sesuatu yang berharga tentang dirinya sendiri. 6bln yg lalu gue ke dokter, sampe sekitar 2bulanan gue ke rs buat ceritain what happen to me.

Atau mungkin Anda merasa mati rasa, tidak terhubung, dan tidak bisa mempercayai orang lain. Ketika peristiwa-peristiwa traumatik terjadi, membutuhkan waktu untuk mengatasi rasa sakit dan mendapatkan keseimbangan lagi. Tapi perlakuan dan dukungan keluarga dan teman-teman bisa mempercepat kesembuhanmu dari trauma emosional dan psikis. Berikan ruang agar ia dapat bercerita, tanpa takut merasa dihakimi atau dicela.

Ketika patah hati, akan sulit untuk menenangkan pikiran dan beristirahat regular seperti biasa. Justru, yang sering terjadi adalah overthinking dan mengingat-ingat kembali apa yang sudah terjadi. Berharap, semuanya bisa diperbaiki kembali seperti dulu. Gak heran kalau kita mengalami kesulitan tidur setelah patah hati terjadi. Ketika patah hati, sebagian jantung akan membesar untuk sementara dan tidak memompa darah dengan baik.

Comments are closed.