10 Cara Meningkatkan Imun Tubuh Agar Terhindar Dari Covid

Written by Celia on March 5, 2021 in LIP 3 with no comments.

HPU UGM. Sistem imun atau daya tahan tubuh memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan. Imunitas tubuh harus dijaga dengan baik agar tidak mudah terserang penyakit. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Diantara lain menerapkan pola hidup sehat, memenuhi kebutuhan nutrisi, mengonsumsi suplemen, menghindari stress dan olahraga teratur agar sistem kekebalan tubuh tetap optimal. Untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh, Anda disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Penelitian menunjukkan, orang yang banyak mengonsumsi kedua jenis makanan tersebut, cenderung tidak mudah sakit.

Meskipun vaksin dapat membentuk kekebalan tubuh, menjaga kesehatan dengan vitamin natural juga perlu dilakukan untuk tetap menjaga imunitas. Cara yang paling sederhana untuk meningkatkan daya tahan tubuh lainnya yaitu dengan melakukan aktivitas fisik atau olahraga. Aktivitas fisik merupakan pergerakan tubuh yang menyebabkan pengeluaran tenaga yang menjadi hal penting bagi pemeliharaan kesehatan. WHO menyarankan untuk melakukan aktivitas fisik atau melakukan olahraga selama 30 menit setiap hari atau minimal 3-5 hari dalam seminggu. Seiring bertambahnya usia, cara meningkatkan daya tahan tubuh untuk Anda dan keluarga termasuk lansia sangat penting untuk dibahas. Karena sistem kekebalan tubuh mengalami penurunan yang berdampak cukup besar terhadap pada kesehatan, yang menyebabkan lansia cenderung memiliki resiko infeksi virus dan bakteri yang lebih tinggi.

Beberapa cara untuk menjaga imunitas tubuh

Indonesia adalah negara yang memiliki banyak keberagaman sumber pangan yang sehat dan bergizi. Pandemi ini menyebabkan beberapa gangguan sistem logistik international yang berdampak pada persoalan akses pangan. Persoalan pangan di tengah pandemi ini justru harus menjadi momentum untuk membangkitkan potensi pangan lokal. Olah raga selama puasa dianjurkan untuk mendukung proses metabolisme tubuh. Lakukan aktivitas fisik sedang seperti berjalan kaki selama 30 menit per hari. Jogging salah satu olahraga selain mudah di lakukan dan tidak menggunakan biaya, dilakukan dengan berlari kecil sembari mengatur nafas dan menghirup oksigen.

Kurang tidur dapat menurunkan imunitas dan meningkatkan risiko penyakit. Cara hidup sehat tidak hanya menjaga kesehatan fisik, melainkan juga kesehatan mental. Ya, psychological Slot Pragmatic yang sehat juga kunci produktivitas yang baik ke depannya. Cara hidup sehat yang harus diterapkan juga dengan menghindari terlalu sering jajan sembarangan di luar rumah, terutama di masa pandemi.

Dapatkan vitamin dan mineral untuk imun tubuh terbaik hanya dari Jovee. Untuk mengetahui rekomendasi vitamin harian, Anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan private. Atau Anda dapat langsung konsultasi dengan dokter secara online menggunakan aplikasi Lifepack. Tidur yang cukup merupakan salah satu kunci dari kekebalan tubuh yang kuat. Sebuah penelitian menunjukan bahwa orang yang tidur minimal delapan jam setiap malam selama dua minggu menunjukkan bahwa tubuh lebih kebal dari serangan virus dan kuman bakteri.

Saat ini sudah tersedia produk-produk suplemen dalam bentuk sirup dengan berbagai rasa, sehingga si Kecil akan menyukainya. Vitamin C merupakan sebuah vitamin yang paling diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh. Vitamin C dapat ditemukan dengan mudah dalam buah yang memiliki rasa asam seperti jeruk dan buah beri-beri. Vitamin C juga berfungsi untuk memperkuat dinding pembuluh darah dan membantu untuk mencegah terjadinya sariawan.

Konsumsi makanan dengan asupan gizi seimbang, seperti karbohidrat, protein, lemak, hingga memenuhi kebutuhan serat lewat sayur dan buah. Ada beberapa cara yang perlu dilakukan untuk menjaga imun tubuh selama pandemi virus corona, guna mencegah adanya infeksi penyakit. Usahakan untuk selalu tidur di waktu yang sama setiap malamnya, dan biasakan tidak tidur terlalu larut. Dikutip dari Mayoclinic, sebuah penelitian menunjukkan kebiasaan begadang bisa mengganggu sistem imunitas tubuh, membuat kamu mudah terserang virus dan tubuh jadi lebih sulit untuk melawannya. Idealnya, durasi tidur yang sehat dan disarankan adalah 7-8 jam di malam hari. Vitamin ini bisa diperoleh dari beberapa jenis makanan seperti ikan, hati sapi, dan kentang.

Comments are closed.