10 Cara Meningkatkan Imunitas Anak Di Masa Pandemi

Written by Celia on March 6, 2021 in LIP 3 with no comments.

Asam lemak omega-3 merupakan sejenis asam lemak esensial yang bisa membantu menekan peradangan serta menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap terjaga dengan baik. Omega-3 dapat melindungi tubuh Si Kecil dari berbagai macam gangguan sistem imunitas seperti penyakit crohn, artritis reumatoid, dan kolitis ulserativa. Omega-3 bisa didapatkan dari ikan laut seperti salmon dan tuna, kacang-kacangan, serta susu.

Beberapa cara untuk menjaga imunitas tubuh

Paparan asap rokok dan alkohol secara berlebih dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Perokok memiliki risiko tinggi untuk mengalami infeksi paru, seperti bronkitis dan pneumonia. Sementara untuk perokok yang juga pecandu alkohol, risiko untuk terkena infeksi paru akan semakin besar. SKOR.id – Istirahat menjadi kunci untuk menjaga imun tubuh agar tetap optimum di masa pandemi Covid-19. Vaksin-vaksin yang tersedia menunjukkan efektivitas tinggi dalam melindungi penerimanya dari kejadian sakit berat akibat COVID-19.

Tablet vitamin C non-acidic 500 miligram per enam hingga delapan jam, yang bisa dikonsumsi untuk 14 hari. Sering dianggap sama, namun dua gangguan kesehatan ini ternyata memiliki perbedaan yang cukup banyak. Bola.com, Jakarta – Kasus positifCOVID-19 masih terus muncul hingga pertengahan 2021. Sejak diputuskan WHO sebagai pandemi tahun lalu, penanganan COVID-19 di seluruh dunia digalakkan, mulai pembatasan kegiatan, lockdown, hingga memperbanyak vaksinasi. Instruksi Mendagri bahwa PPKM Level 4 adalah pemberlakukan pembatasan kegiatan di Jawa dan Bali yang disesuaikan dengan degree situasi pandemi. Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ.

Sistem imun bekerja dengan cara mendeteksi antigen atau benda asing yang masuk di dalam tubuh dan membuat sebuah antibodi agar tubuh bisa menjadi kuat. Antibodi akan terus berada pada tubuh orang yang sehat dan akan otomatis bekerja untuk menyerang penyakit yang sama. Sebagai contoh apabila seseorang sebelumnya pernah terserang cacar air maka orang tersebut tidak akan terkena penyakit cacar air untuk kedua kalinya. Hormon stres menurunkan kemampuan tubuh manusia untuk melawan infeksi, membuat lebih rentan sakit. Stres jangka panjang telah terbukti “merusak sistem kekebalan,” menurut American Psychological Association.

Selain itu, bisa juga memperkuat diri dengan meningkatkan imunitas tubuh. Sebagian vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayuran dan buah-buahan berperan sebagai antioksidan dan penangkal senyawa jahat dalam tubuh. Bila rutin mengonsumsinya, sistem imunitas atau kekebalan tubuh Anda akan meningkat dan tidak mudah terserang virus penyebab penyakit. Hal utama yang perlu dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh adalah menjaga makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Di tengah situasi pandemi yang semakin tak menentu seperti sekarang sangatlah penting bagi kita semua untuk menjaga kesehatan masing-masing. Namun, kondisi yang kian mengkhawatirkan justru membuat kita semakin sulit untuk tetap menjaga kesehatan kita baik fisik maupun psychological. Hal lain yang dapat kita lakukan agar tidak terjangkit virus ini adalah dengan tetap menjaga imunitas kita pada kondisi prima. Untuk menjaga daya tahan tubuh pada kondisi yang prima ada beberapa hal yang dapat kita lakukan dan tentunya tidak menyulitkan sama sekali.

Durasi berolahraga juga mempengaruhi sistem imunitas, durasi paling efektif untuk berolahraga adalah menit dan dilakukan 5 kali dalam seminggu. Berdasarkan studi yang dimuat dalam jurnal Evidence-Based Complementari and Alternative Medicine, madu tinggi kandungan antioksidan yang berfungsi sebagai penguat daya tahan tubuh alami. Jahe, mengandung Kong4D antioksidan yang berperan sebagai antivirus dan banyak digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan. Sementara jus lemon tinggi akan vitamin C untuk cegah pilek dan kunyit mengandung curcumin, zat yang bisa mengatur kestabilan imun tubuh. Cara meningkatkan imunitas tubuh agar tidak terkena COVID-19 ini, kamu bisa membuat ramuan sehat sendiri.

Comments are closed.