6 Cara Meningkatkan Imun Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit

Written by Celia on March 4, 2021 in LIP 3 with no comments.

Dikutip dari American Journal of Clinical Nutrition, mikronutrien tersebut termasuk zinc, selenium, zat besi, vitamin A, C, E, dan B6, dan asam folat yang mempunyai pengaruh penting pada respons imun. Mencuci tangan merupakan pilar utama untuk mencegah infeksi yang masuk melalui tangan, karena tangan merupakan sumber penularan kuman secara langsung ataupun tidak langsung. Kekebalan tubuh memegang peran penting dalam menjaga tubuh dari penyakit.

Beberapa cara untuk menjaga imunitas tubuh

Menurut CDC, mencuci tangan yang benar dapat menyebabkan penurunan persen penyakit pernapasan, seperti pilek dan flu. Jika sabun tidak tersedia, seseorang dapat menggunakan pembersih tangan berbasis alkohol. Menurut Pusat Pengendalian Slot Online dan Pencegahan Penyakit , mendapatkan vaksinasi adalah cara terbaik untuk melindungi terhadap infeksi flu musiman. Vaksin flu mengandung antigen influenza, yang memberi sinyal sistem kekebalan untuk menghasilkan antibodi.

Namun, pastikan produk herbal yang Anda beli sudah terdaftar di BPOM untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan. Orang dewasa umumnya membutuhkan waktu tidur sekitar 7–9 jam setiap malamnya, sedangkan anak-anak dan remaja butuh 10–14 jam. Efek samping tersebut merupakan hal yang normal terjadi dan menandakan bahwa tubuh sedang membangun perlindungan terhadap virus Corona. Efek samping vaksin COVID-19 biasanya akan hilang dalam beberapa hari.

Oleh karena itu, memiliki daya tahan tubuh yang kuat sangat penting untuk mencegah kita jatuh sakit, terutama di masa mewabahnya virus Corona seperti sekarang. Sistem imunitas atau daya tahan tubuh memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan. SUMEKS.CO – Selain mengonsumsi makanan kaya vitamin untuk meningkatkan imun tubuh, berolahraga secara teratur, bisa dilakukan. “Kalau saya untuk melengkapi pola hidup sehat ini, makan semua sayur dan buah apapun itu ya.

Olahraga bisa menjaga kebugaran tubuh sehingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidak perlu melakukan olahraga berat, olahraga ringan juga bisa meningkatkan imun tubuh. Cara meningkatkan imunitas tubuh pada anak yang pertama adalah dengan membawanya berjemur di halaman rumah.

Akan tetapi daya tahan tubuh biasanya akan menurun jika terjadi perubahan cuaca yang ekstrim atau terdapat permasalahan psikis yang sedang dihadapi. Penurunan daya tahan tubuh akan berdampak pada kesehatan seseorang sehingga lebih mudah terserang penyakit. Untuk dapat menjaga agar daya tahan tubuh tetap terjaga dengan baik dan tetap kuat, maka harus meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Agar daya tahan tubuh kuat, maka konsumsi makanan kita sehari-hari harus mengandung zat-zat gizi yang diperlukan tubuh baik zat gizi makro maupun mikro . Konsumsi zat gizi yang cukup sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang akan melindungi dari penyakit yang disebabkan oleh virus dan mencegah penyakit lainnya.

Sementara, orang yang kurang dari 6 jam setiap malam akan 4 kali lebih mudah mengalami flu karena virus dibandingkan orang yang tidur 7 jam atau lebih. Studi menunjukan bahwa orang yang tidak memiliki jadwal tidur teratur lebih mudah terserang penyakit. Ini disebabkan karena sel alami yang mampu melawan virus jadi lebih lemah, sementara kita membutuhkan sel tersebut agar terhindar dari serangan mikroba dan sel kanker. Istirahat memiliki peran yang sama pentingnya dengan makanan dan olahraga.

Di period adaptasi kebiasaan baru ini bersepeda dianggap sebagai salah satu olahraga yang aman. Namun tentunya tetap harus menjalankan protokol kesehatan seperti physical distancing atau jaga jarak. Tapi ingat, saat kamu mengayuh sepeda sebaiknya masker dilepas dulu dan dikantongi guna mencegahmu dari kekurangan oksigen. Masker adalah penghalang sederhana untuk membantu mencegah droplets dan melindungi pernapasan Moms dari berbagai polusi udara. Kini, Moms harus memakai masker meskipun tidak sedang mengalami sakit.

Anda bisa melakukan jenis olahraga yang mudah dan tak terlalu berat; seperti berjalan kaki, lari, hingga senam selama 30 menit setiap hari. Menurut ahli, olahraga dapat merangsang kinerja antibodi serta sel-sel darah putih sehingga aktivitas ini sangat cocok jika dilakukan pada masa pandemi guna meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Penyakit virus corona (COVID-19) di Indonesia semakin menyebar ke banyak orang. Kamu harus meningkatkan imunitas untuk mencegah terpapar virus corona.

Tangan banyak berinteraksi dengan banyak hal yang belum tentu bersih dan dapat menjadi media penularan virus. Makanan yang tidak bersih dapat membawa kuman dan bakteri masuk ke dalam tubuh kita. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan kebersihan makanan yang akan dikonsumsi keluarga. Hari Senin, 21 Desember 2020, komunitas FARCO BINUS Square mengadakan sebuah webinar mengenai fakta-fakta nutrisi kesehatan.

Comments are closed.