Ayo Cegah Penyakit Tidak Menular Dengan Cerdik !

Written by Celia on March 10, 2021 in LIP 3 with no comments.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa Moms dan keluarga lakukan untuk mencegah penularan penyakit TBC. Karena penyakit ini disebabkan oleh virus, maka penyakit ini dapat menular melalui percikan air liur penderita. Penyakit menular yang disebabkan oleh virus H5N1 pernah jadi perbincangan yang hebat karena efeknya yang dahsyat menelan korban para penderitanya. Virus yang awalnya berasal dari unggas ini dapat menyerang pada manusia. Biasanya pada manusia akan menyerang pada sistem pernapasan dengan gejala awal demam, dan dapat menyebabkan kematian jika tidak ditangani. Menular melalui titik-titik air di udara yang berasal dari batuk atau bersin penderita rubella.

Masker medis harus dikombinasikan dengan tindakan pencegahan dan pengendalian infeksi utama lain seperti kebersihan tangan dan menjaga jarak fisik. Ketika orang-orang berkumpul bersama dalam kerumunan, Anda memiliki kemungkinan untuk melakukan kontak erat dengan orang yang terinfeksi COVID-19 dan lebih sulit untuk menjaga jarak fisik minimal 1 meter. Ketika seseorang batuk, bersin, atau bicara, orang tersebut mengeluarkan percikan dari hidung atau mulutnya dan percikan ini dapat membawa virus. Jika Anda terlalu dekat, Anda dapat menghirup percikan ini dan juga virus COVID-19 jika orang tersebut terinfeksi penyakit ini. Isolasi mandiri adalah tindakan penting yang dilakukan oleh orang yang memiliki gejala COVID-19 untuk mencegah penularan ke orang lain di masyarakat, termasuk anggota keluarga.

Bersihkan dan desinfeksi benda dan permukaan yang sering disentuh setiap hari. Beberapa infeksi dapat menyebar melalui plasenta dari seorang ibu ke anaknya yang belum lahir atau selama persalinan, atau keduanya. Jauhi binatang yang rentan terinfeksi bakteri,terutama tikus liar yang paling banyak membawa bakteri leptospira. Diet bukan berarti tidak makan makanan yang mengandung lemak, gula, dan lainnya.Namun diet di sini artinya mengatur asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Cukup penting untuk mengonsumsi sayur dan buah dengan porsi yang cukup setiap hari.

Jika Anda menyentuh suatu benda, seperti gagang pintu yang telah terkontaminasi orang dengan penyakit menular, maka Anda berisiko tertular. Cara mencegah virus Corona yang satu ini juga tak kalah mudahnya, karena biasa dilakukan sehari-hari yaitu mencuci tangan. Di beberapa kasus penularan virus Corona, diprediksi terjadi saat tangan menyentuh permukaan yang telah terkontaminasi. Beberapa penyakit menular seksual dapat dicegah dengan pemberian vaksinasi dewasa.

Cara untuk tidak menularkan penyakit

Selain melalui darah, penularan melalui cairan tubuh juga bisa terjadi, misalnya melalui hubungan seksual dengan penderita penyakit infeksi. Penularan infeksi melalui kontak seksual ini sering menjadi penyebab infeksi menular seksual. Etika Batuk merupakan tata cara batuk yang baik dan benar, dengan cara menutup hidung dan mulut dengan tissue atau lengan baju sehingga bakteri tidak menyebar ke udara dan tidak menular ke orang lain. Tujuan utama menjaga etika batuk adalah mencegah penyebaran suatu penyakit secara luas melalui udara bebas dan membuat kenyamanan pada orang di sekitarnya. Droplets tersebut dapat mengandung kuman infeksius yang berpotensi menular ke orang lain disekitarnya melalui udara pernafasan.

Sebagian orang menderita penyakit tidak menular karena faktor keturunan. Oleh sebab itu, jika Anda memiliki keluarga yang memiliki penyakit tertentu, misalnya penyakit jantung, diabetes, atau kanker, maka Anda disarankan untuk berkonsultasi ke dokter. Diabetes merupakan penyakit tidak menular kronis yang ditandai dengan kadar gula darah tinggi. Diabetes bisa disebabkan oleh faktor keturunan dan gaya hidup kurang sehat, seperti jarang olahraga, dan sering mengonsumsi makanan tinggi gula dan berlemak. Orang yang dapat menularkan penyakit ini hanyalah pasien TB aktif. Artinya, bakteri di dalam tubuh aktif berkembang biak dan menyerang sel-sel sehat.

Kuman ‘tidur’ tidak membuat kita sakit TB dan kita juga tidak dapat menularkan ke orang lain. Pada akhir fase ini, viral load penderita HIV akan naik dan jumlah CD4 berangsur-angsur mulai turun. Lalu penderita akan mulai merasakan gejalanya karena jumlah virus Bola Online yang meningkat dalam tubuh. Seorang remaja yang terinfeksi penyakit seksual lebih tinggi risikonya untuk terpapar virus HPV, penyebab kanker serviks dan kutil kelamin. Ajak remaja untuk melakukan vaksin serviks yang bisa dilakukan mulai usia 14 tahun.

Comments are closed.