Jadi Tulang Punggung Keluarga, Tri Susanti Hendak Ajukan Penangguhan Penahanan

Written by Celia on December 20, 2020 in Langkah awal membuka bisnis with no comments.

Pekerjaan tersebut dilakoninya demi menghidupi seorang ibu dan empat orang adiknya. Menurut pengacara, Reza Artamevia di keluarga sebagai orang yang diandalkan untuk mencari nafkah. Tetap saja, tamu yang datang sangat jauh lebih sedikit dibandingkan dengan sebelum adanya pandemi ini. Selama pandemi ini, ia dan suaminya mengandalkan uang tabungan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Menurut sang istri, selama hidupnya korban adalah seorang penyayang, dan mengayomi keluarga.

Sebagai tulang punggung, kamu dituntut untuk selalu ada dalam menafkahi keluarga. Keinginan anggota keluarga sudah menjadi kewajiban penting yang harus kamu penuhi. Vira pun berharap, suatu saat Grab bisa menyediakan permintaan khusus untuk driver perempuan. Menurutnya, berdasarkan pengalaman selama ini membawa penumpang, penumpang perempuan akan merasa lebih nyaman, get pleasure from, dan security dengan sesama perempuan. “Bisa ngobrol-ngobrol gayeng walaupun baru pertama kali bertemu. Jadi pangsa pasar kami rata-rata ibu-ibu, mahasiswi, dia sangat konsen dengan keselamatan dia.

Namun, takdir berkata lain, ia harus menjalani profesi ganda sebagai ibu rumah tangga dan mencari nafkah untuk keberlangsungan hidup dirinya dan ketiga anaknya. Mulai dari suami atau ayah kena PHK, sakit, perceraian, suami atau ayah meninggal dunia, hingga kondisi ekonomi, yang membuat ibu atau anak perempuan harus berjuang bagi keluarga. Rumah tangga yang baik adalah yang dibangun berdasarkan cinta dan tujuan hidup yang sama. Namun untuk mempertahankan rumah tangga, cinta saja tidak cukup. Suami sebagai kepala keluarga bertanggung jawab untuk mencari nafkah.

Apalagi menurutnya, saat weekend merupakan momen keberuntungan karena saat itu orderan GrabCar membanjir. Kebetulan suami juga masih terus terapi dua kali seminggu di rumah sakit. Di sela-sela waktu itu saya bisa mengantar suami terapi dan kontrol,” ujarnya.

Disela aktivitasnya Thohah menyempatkan untuk memperdalam ilmu agama Islam dengan mengikuti kegiatan pembinaan bersama Muhammad Heri, Da’i Mualaf Center BAZNAS untuk titik lokasi Tuva-Padende. Suku Da’a merupakan salah satu suku yang berada di kepulauan Sulawesi. Keberadaan Suku Da’a pada umumnya nomaden serta berada di Daftar Slot Terpercaya Kawasan hutan dan pegunungan. Oleh suku ini pohon dapat dijadikannya untuk rumah singgah mereka. keluarga itu juga bergantung dari belas kasih tetangga dan komunitas berbasis gerejani , kelompok doa di tingkat keluarga. Mengantarkan istri ke dokter anak atau dokter kandungan, konselor laktasi, atau psikolog jika perlu.

Hanya saja, Kiai Ma’ruf mengingatkan bagi istri perlu berpikir 1.000 kali untuk memutuskan ‘gugatan cerai’ ini. Direktur Aswaja Center Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur, KH Ma’ruf Khozin, menjelaskan secara hukum fiqih boleh saja suami berutang kepada istri untuk memenuhi nafkahnya, namun hal itu kurang elok secara etika. Selain fiqih yang fokus pada ranah hukum perlu juga mengamalkan Ihsan yang menjadi ranah akhlak. Ibnu Hajar rahimahullah dalam kitab ‘Fathul Bari’ mengatakan selain menafkahi suaminya, Zainab juga merawat anak dari saudara laki-laki dan saudara perempuannya yang yatim.

Menjadi tulang punggung bagi keluarga

Banyak yang haru atas kisah hidup Gilang dan ingin membantu dalam galang dana. “Saya sudah 19 tahun bekerja sebagai buruh gendong. Sejak anak saya usia 2 tahun hingga sekarang ia sudah berusia 21 tahun. Saya sudah tidak punya suami. Jadi saya menjadi tulang punggung keluarga,” ujar Hartini. Jika pasangan ikut membantu mencari nafkah, tentu pemasukan menjadi dua pintu. Namun, jika pasangan tidak memiliki pemasukan, maka kamu harus pintar-pintar mengatur penghasilan. Sedari kecil ibu selalu mendidikku untuk melakukan semua hal sendiri. Mulai dari menyiapkan buku pelajaran esok, menjaga adik, serta membantu berbagai pekerjaan rumah.

Tidak sedikit jenis pekerjaan yang hanya bias dilakukan kaum wanita. Dengan dibutuhkanya tenaga kerja wanita mempunyai kelebihan – kelebihan khusus yang disebabkan sifat kodrati kewanitaanya. Wanita yang semula sebagai makhluk yang hanya dikasihi dan dikasihani kini mulai menunjukkan jati dirinya sebagai mahkluk atau insan yang memiliki potensi untuk turut memberikan kontribusi dalam pembangunan bangsa dan negara. Hal ini tidak hanya karena semangat dan emansipasi tetapi juga karena dorongan berbagi sebab atau faktor sehingga saat ini banyak mitra yang berperan aktif dalam kegiatan pembangunan.

Banyak faktornya, misal kebutuhan di Jepang yang semakin meningkat, atau tiba-tiba keluarga di rumah membutuhkan biaya untuk sekolah adik, bayar utang, renovasi rumah, dan lain-lain. Di saat anak-anak seusiamu terkadang masih mementingkan urusan pribadi mereka, namun tidak denganmu. Ketika kamu sangat ingin berkuliah, kamu masih begitu peduli memikirkan kondisi keluargamu. Terima kasih ya untukmu di masa lalu, yang sudah mengusahakan banyak hal untuk membantu orangtua.

Comments are closed.