Jangan Panik Saat Anak Terpapar Covid

Written by Celia on February 28, 2021 in LIP 3 with no comments.

Baru-baru ini, bayi berusia 9 bulan di Kabupaten Tegal dinyatakan positif corona. Sementara kasus lainnya, bayi asal Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, yang berusia 4 bulan juga dikabarkan terpapar Covid-19. Bila harus memakai kamar mandi bersama, upayakan anak yang positif memakai paling akhir dan beri jarak dengan pemakai kamar mandi berikutnya.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia meminta pemerintah memperhatikan kondisi anak-anak dari keluarga yang terinfeksi virus corona. KPAI menyatakan banyak orang tua yang harus menjalani perawatan intensif akibat Covid-19 dan membuat anak mereka rentan terpapar virus ini juga. Jumlah kasus positif virus COVID-19 terus melonjak di Indonesia. Parahnya lagi, kini semakin banyak juga jumlah anak yang terinfeksi virus tersebut. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang mengalami gejala COVID-19 cukup parah sehingga mesti menjalani perawatan intensif.

Pengasuh di ruang yang sama harus selalu menggunakan masker dan pelindung mata, sarung tangan sekali pakai dan celemek sekali pakai atau baju luar yang dapat dicucii. Untuk itu ia mengharapkan pemerintah dapat mengambil langkah untuk memulai menyiapkan pemberian vaksin COVID-19 untuk anak- anak. JAKARTA, BALIPOST.com – Ikatan Dokter Indonesia mengharapkan pemerintah menyiapkan langkah untuk memberikan vaksin COVID-19 bagi anak-anak.

Untuk TK dan SD sebesar Rp1,5 juta, SMP Rp2 juta, SMA Rp3 juta, dan Perguruan Tinggi Rp12 juta. “Kalau 60 juta anak yang akan sekolah, dibutuhkan 50 persen anak yang sakit untuk herd immunity. Setelah itu, kita ambil mortalitas Indonesia sekarang antara 2,5 sampai 5 persen. Kita ambil tengahnya, three Situs Slot Gacor persen, berarti ada sekitar 1 juta anak yang akan meninggal,” kata Aman.

Saat bayi berada dalam kandungan sedang tidur, maka ia tidak bergerak. ASI yang dimaksud harus berasal dari wanita menyusui dan sudah pernah terinfeksi COVID-19 sebelumnya. Jika ibu belum pernah terkena, tidak ada antibodi virus corona di dalam ASI-nya. Karena belum ada penelitian pasti tentang jalur penularan ibu pada bayi, disarankan semua bayi baru lahir dari ibu pasien COVID-19 harus segera melakukan tes COVID-19. Setelah persalinan, bayi langsung dibawa keluar ruang operasi dan ditangani oleh petugas yang tidak berkontak dengan ibu.

Bagaimana jika anak balita terkena covid

Jangan biarkan bayi disentuh oleh sembarang orang, terutama mereka yang sakit atau menunjukkan gejala Covid-19. Pengasuh di ruang yang sama harus selalu menggunakan masker, pelindung mata, sarung tangan sekali pakai, dan celemek sekali pakai atau baju luar yang dapat dicuci. Merujuk hasil pantauannya langsung di lapangan bersama Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Menko PMK mengaku sangat mengapresiasi fasilitas dan pelayanan RSKIA. Ibu hamil yang terindikasi Covid-19 dilakukan pemeriksaan dan setelah dinyatakan positif langsung ditangani intensif termasuk hingga saat melahirkan. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bahkan sudah menduga kemungkinan anak-anak Jakarta mulai terpapar varian baru Covid-19.

Comments are closed.