Tips Sehat Menjaga Imunitas Tubuh Selama Pandemi Covid

Written by Celia on March 3, 2021 in LIP 3 with no comments.

Untuk mencapai cara hidup sehat, Moms harus mampu mengelola tingkat stres. Bisnis.com, JAKARTA – Tubuh manusia memiliki sistem daya tahan atau sistem imun untuk menangkal penyakit dan virus corona yang menjadi pandemi. Selain tidur dan berolahraga, untuk meningkatkan kekebalan tubuh, penting juga untuk membatasi paparan tubuh kita terhadap patogen atau pun si kuman-kuman jahat. Beberapa cara untuk mengurangi infeksi adalah dengan tidak berdesakan di ruangan yang tertutup, mengurangi kebiasaan menyentuh wajah, dan membatasi kontak fisik secara langsung. Teh hijau mengandung banyak flavonoid yang merupakan salah satu antioksidan. Teh hijau memiliki antioksidan jenis lainnya yang dikenal dengan epigallocatechin yang mampu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Daya tahan tubuh atau sistem imunitas merupakan benteng pertahanan pertama dari berbagai kuman penyebab infeksi. Bila daya tahan tubuh Anda kuat, kuman yang berusaha menyerang akan dapat dikalahkan sehingga tubuh terhindar dari infeksi dan Anda pun tidak jadi sakit. Suplemen yang mengandung vitamin B6, vitamin C, likopen, dan vitamin E cukup direkomendasikan.

Beberapa cara untuk menjaga imunitas tubuh

Selain itu, mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan juga dapat membantu mengurangi stres oksidatif. Selain itu, kita juga harus memenuhi kebutuhan vitamin D di dalam tubuh. Vitamin D di dalam tubuh memiliki fungsi untuk menstimulasi sel imun untuk membunuh virus dan bakteri yang telah masuk dalam tubuh. Vitamin D bisa didapatkan melalui paparan sinar matahari pada pagi hari sekitar jam6 sampai jam 9, serta sumber makanan yaitu hati, telur, susu dan juga terdapat pada ikan. Tanpa nutrisi yang memadai, sistem kekebalan tubuh akan kekurangan untuk menghasilkan respons yang efektif. Agar tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan baik, sel tubuh membutuhkan zat gizi makro dari karbohidrat, protein, dan lemak yang menyediakan energi untuk fungsi important.

Beberapa olahraga ringan yang bisa dilakukan selama liburan adalah jogging di pagi hari, melakukan beberapa set push up dan sit up, yoga, dan senam dengan diiringi lagu yang disuka. Mengonsumsi suplemen sebagai cara meningkatkan daya tahan tubuh di tengah tingginya angka penyebaran virus corona. Suplemen bisa menjadi alternatif untuk meningkatkan imunitas tubuhmu guna melengkapi pola makan sehari-hari yang mungkin kurang bernutrisi. Untuk dapat menjaga sistem kekebalan tubuh, Realfoodfam harus mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan nutrisi adalah dengan rutin mengonsumsi buah dan sayur.

Jika sulit mendapatkan akses air dan sabun, Moms bisa menggunakan hand sanitizer, tetapi pastikan memiliki kandungan 70 persen alkohol untuk menghilangkan kuman secara lebih efektif. Lakukan minimal one hundred fifty menit aktivitas aerobik sedang atau seventy five menit aktivitas aerobik berat per minggu, atau kombinasi dari aktivitas sedang dan berat. Sayangnya, kebanyakan orang kini segala sesuatu yang instan termasuk dalam memilih makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Jangan sampai, Moms dan keluarga justru terlalu banyak makan makanan instan, seperti junk meals atau fast meals.

Di samping mengonsumsi makanan bergizi, minuman penambah imun juga diperlukan dalam situasi pandemi seperti saat ini. Mumpung masih work from home, Anda bisa mencoba minuman penambah imun dari pelaku ekonomi kreatif. Menggerakkan tubuh secara aktif setiap harinya akan meningkatkan metabolisme tubuh, membantu menjaga kebugaran tubuh, serta memperkuat sistem pertahanan tubuh dari serangan penyakit. Selain memengaruhi kesehatan paru-paru, udara di sekitar juga dapat memengaruhi imunitasmu lho, Gengs. [newline]Penelitian menunjukkan, udara yang terkontaminasi dapat menekan kinerja sel T, yang merupakan komponen sistem imun paling penting.

Tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah, agar terhindar dari paparan virus Sars-CoV-2 penyebab COVID-19. Dengan imun yang kuat, tubuh akan lebih mampu melawan virus dengan cara memproduksi protein bernama antibodi. Menurut penelitian, jaringan bakteri usus yang baik akan membantu imun tubuh untuk membedakan mana organisme yang berbahaya di dalam tubuh. Dilansir dari Liputan6, kualitas tidur yang buruk seringkali dikaitkan dengan risiko terpapar penyakit yang cukup tinggi.

Jika terlalu lama tidur siang, badan akan menjadi segar dan tak mengantuk pada malam hari. Jika belum tertidur setelah 20 menit berbaring di kasur, lakukan kegiatan yang membuat badan dan pikiran menjadi rileks. Bila sudah ada ciri-ciri seperti ini, dr. Reisa menyarankan untuk berkonsultasi dengan profesional seperti psikolog hingga dokter spesiak anak. Setelah vaksinasi, tenaga kesehatan biasanya meminta penerima vaksin menunggu sekitar 15 menit di lokasi untuk memastikan tidak ada reaksi atau KIPI yang bersifat segera. “Hemaviton ini memiliki banyak kelebihan dan memberikan banyak manfaat untuk kami, selain itu tentunya produk ini bisa menguntungkan juga untuk masyarakat Indonesia,” kata Chicco. Jika Anda kerepotan untuk meracik sendiri ketiga bahan natural tersebut, Anda bisa memperoleh sediaan natural yang mengandung kombinasi ekstrak meniran, daun kelor, dan kunyit di pasaran.

Untuk itu, Mama bisa mengajak anak untuk melakukan aktivitas menyenangkan, seperti bermain permainan papan, memasak, menari, dan lainnya. Karbohidrat merupakan salah satu Slot Game Online asupan makanan yang tidak mungkin terlewatkan. Namun, jika merasa bosan dengan nasi, Mama dapat menggantinya dengan jagung, singkong, kentang atau umbi umbian dan gandum.

Comments are closed.